Minggu, Januari 04, 2009

Surat Gembala

Salam damai sejahtera didalam Kristus
Pemeliharaan dan kasih Kristus adalah dasar untuk kita bersyukur. Terlebih Kristus sendiri menghendaki demikian 1 Tes 5:18. Di minggu pertama tahun 2009 ini, jika kita tetap ada sebagaimana kita masih bernafas dan bergerak dengan sempurna(dalam stamina yang fit) karena ini anugrahNya. Tidak ada tahun yang berlalu tanpa bencana alam yang menyebabkan perubahan dan kekacauan di suatu tempat di dunia ini. Banjir, badai yang adalah peristiwa alam, juga gejolak politik dan krisis ekonomi secara global yang mengakibatkan ekspor menurun, permintaan domestic melemah dan terjadinya gelombang politik sudah mewarnai kehidupan/tatanan suatu bangsa.

Manusia tidak pernah berpikir bahkan mengharapkan adanya bencana dalam kehidupan atau terjadi di muka bumi. Banyak orang akan setuju bahwa bencana alam muncul jika laut melanggar garis pantai. Allah sendiri telah membuat pantai pasir sebagai perbatasan bagi laut ( Yer 5:22), Tuhan juga memberikan/menetapkan batas-batas untuk kehidupan manusia. Namun yang kita dapati, tidak ada hari yang kita lalui tanpa pelanggaran demi pelanggaran terhadap perintah-perintahNya.

Sebagai hambaNya yang dipercayai dan diberi kehormatan melayani serta menggembalakan jemaat/domba-dombaNya(2 Kor 4:1, 1 Pet 5:2), rindu menyampaikan dan mengimpartasikan pengalaman hidup rohani seperti yang terdapat dalam Yoh 14:15.

Tuhan Yesus sendiri berkata “Jika kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti perintah-perintahKu”.
Ada tiga kata yang tidak mudah di lupakan oleh setiap orang yaitu “Aku mengasihi kamu/I LOVE YOU". Kita sebagai orang Kristen juga sering mengucapkan tiga kata ini, baik kepada orang yang kita sukai maupun kepada Tuhan. Tetapi realisasi/konsekuensi tiga kata ini adalah Tuhan meminta kepada kita untuk mentaati segala perintahNya. Tentu kita akan beragumentasi danber kata “perintah yang mana?” Jika Tuhan sudah mengatakan segala perintahKu, ini berarti segala perintah yang ada di Alkitab.
Kembali kita akan berkata begitu berat melakukan/mengamalkan perintahNya dari hari demi hari.

Suami mengasihi istri seperti dirinya sendiri, istri tunduk dan menghormati suami supaya dapat menerima berkat(suami di selamatkan dan dipulihkan (1 Pet 3:2), anak-anak taat dan hormat kepada orang tua karena ini perintah yang penting. Supaya berbahagia dan diberkati (Efs 6:1-3). Jemaat atau orang Kristen harus setia beribadah atau ke gereja(Jangan menjauhi diri dari pertemuan-pertemuan ibadah(Ibrani 10:25) Jemaat setia atau mengerti perintah yang terdapat pada (malekhi 3:10) yaitu membawa atau mengembalikan perpuluhan, setia membaca atau merenungkan firman Tuhan(Maz 143:8,10) dan melakukan perintah-perintahNya untuk mengalami keberhasilan atau kesuksesan (Maz 1:1-3). Yang menjadi dasar Tuhan Yesus berkata “ JIka Kamu hendak sempurna (Mat 19:21), karena Tuhan menginginkan kita sebagai pengikutNya bukan sekedar bias berkata aku mengasihi, tetapi juga melakukan perintahNya. Tetapi Tuhan meminta agar kita menyatakan keterikatan atau keterpautan hanya kepada dia. Mengasihi itu bukan event atau sekali peristiwa melainkan tindakan atau perbuatan yang harus dilakukan secara konsisten. Karena kita sebagai orang Kristen/umatNya merealisasikan/mempraktekan segala perintahNya. Dmikian kita berhak untuk mengatakan bahwa kita mengasihi Dia.

Di Awal Tahun 2009 ini mari kita amalkan perintahNya karena ini berarti kita berkata I LOVE JESUS.
Selamat Tahun Baru Tetap senangkan hatiNya Tuhan Yesus Memberkati

Pdt Johanes Herimanto
Gembala Sidang GBI Kosambi Baru